Wamendikbud: UN di Kaltim tak ada masalah lagi

wakil menteri pendidikan juga kebudayaan musliar kasim menyatakan tidak ada lagi masalah dan berarti pada penyelenggaraan ujian nasional dalam kalimantan timur.

ujian nasional untuk tingkat smp diadakan serentak mulai senin (22/4). tak ada masalah dalam pengiriman soal daripada jakarta dan pendistribusiannya ke daerah-daerah.

sabtu sore seluruh telah diterima. hari minggu telah sampai ke kantor dinas pendidikan setempat, juga senin dinihari sudah diambil kepala-kepala sekolah, detail wamen musliar kasim selama balikpapan, senin.

pihaknya serta telah mengerjakan antisipasi melalui menyewa percetakan-percetakan yang mendapat order mencetak soal mempercepat proses percetakan .

Informasi Lainnya:

kami serta sudah mengerjakan evaluasi pada pelaksanaan un dengan menyeluruh mulai daripada tahapan persiapan hingga pelaksanaan, tergolong keterlambatan soal, papar wamen.

untuk balikpapan, soal-soal ujian diterima terakhir pukul 17.00 wita sabtu (20/4). soal-soal tersebut diangkut dengan pesawat lion air dan sriwijaya air sebanyak 772 paket.

seluruhnya banyak 3.342 paket, dan masuk terakhir itu 772 paket. sebelumnya pukul 15.00 wita masuk 1.345 paket, kata ketua panitia ujian nasional balikpapan wahyudi.

menurut wahyudi, panitia dan sudah berkoordinasi melalui pihak kepolisian agar pengamanan paket-paket soal itu. maka sudah tidak banyak masalah dulu, tegasnya,

dia menambahkan, agar pelaksanaan ujian nasional dalam kalimantan timur diikuti sekitar 8 ribu siswa daripada 400 smp dan madrasah tsanawiyah dalam berbagai penjuru kalimantan timur.

sebelumnya, hingga menjelang pelaksanaan un untuk sma di senin (15/4) kemarin, sederat besar paket soal belum sampai selama kalimantan timur. malahan pada kota balikpapan hingga kamis (18/4), baru banyak 9 sekolah dan belum melayani paket soal itu.

menteri studi dan kebudayaan muhammad nuh sempat menginstruksikan agar memperbanyak soal dengan difotokopi bagi sekolah dan belum melayani paket soal itu untuk ujian tetap bisa dilakukan serentak pada kamis tersebut.

namun itulah, masih jumat (19/4) kalimantan timur bisa memulai un serentak terhadap siswa sma serta madrasah aliyah melalui mata ujian matematika, sesudah semua kebutuhan soal tercukupi, baik dengan mencari soal terpercaya maupun dengan fotokopi.