25 rumah rusak berat akibat longsor di Bandung barat

badan nasional penanggulangan bencana (bnpb) mengungkapkan bahwa sejumlah wilayah dalam bandung barat mengalami bencana longsor hingga menyebabkan 23 rumah rusak berat.

hujan melalui intensitas tinggi sudah menyebabkan longsor selama tiga kecamatan, papar kepala pusat data Informasi juga humas bnpb sutopo purwo nugroho dalam jakarta, selasa.

sutopo menyebutkan tiga kecamatan tersebut adalah kecamatan gununghalu, kecamatan rongga serta kecamatan cipongkor kabupaten bandung barat.

kondisi permukiman dan berada dalam tebing perbukitan curam juga kondisi lereng berupa lahan pertanian semusim telah mendorong wilayah itu mempunyai risiko longsor tinggi, ujarnya.

dia menyebutkan, tercatat 23 rumah rusak berat, 97 properti terancam longsor dan 87 jiwa mengungsi akibat longsor pada tiga kecamatan tersebut.

Informasi Lainnya:

sebagian penduduk baru mengungsi di rumah kerabatnya dan lebih tidak berbahaya ujarnya.

dia menambahkan, dengan pemukiman dan dibangun dalam perbukitan berlereng curam dan tutupan hutan sangat sedikit juga kondisi tanah yang tebal dan memiliki mata air di bagian sedang update batuan keras dalam pihak bawah lapisan tanah memperbesar resiko longsor.

untuk tersebut pemda mesti memfasilitasi teknologi konservasi tanah dan air terhadap penduduk supaya risiko bencana dapat diminimalisir, katanya.

banyak koleksi teknologi sederhana agar memenangkan longsor, kata dia, menarik dengan fisik dan vegetatif yang disesuaikan kondisi setempat.