100 tumpeng akan disiapkan untuk sedekah ringin kembar

masyarakat kawasan candi borobudur di desa ringin putih, kabupaten magelang, jawa tengah, hendak menyiapkan 100 tumpeng agar prosesi sedekah ringin kembar untuk menghidupkan tradisi budaya bersih desa setempat.

kegiatan merti desa (bersih desa) tersebut mengenai dengan jadwal bersama warga desa lainnya pada kurang lebih borobudur 'ruwat rawat 'borobudur di 1,5 bulan kedepan, tutur sekretaris panitia ruwat rawat borobudur 2013 sugeng muslih selama borobudur, sabtu.

ia menjelaskan tumpeng yang dengan swadaya disiapkan penduduk dari semua rukun tetangga dan kepala dusun setempat itu hendak diarak sejauh Salah satu kilometer dari balai desa ringin putih menuju website dalam tepi dusun sriyasan.

tempat di tepi areal persawahan yang menghubungkan dusun sriyasan dengan dusun kranggan, desa ringin putih, kecamatan borobudur itu resmi warga, sudah tumbuh pohon ringin putih dengan tak kasat mata di masa lampau.

Informasi Lainnya:

ia menyampaikan 100 tumpeng mau diletakkan dalam info tersebut supaya kemudian modin dusun setempat, dahlan (60), memimpin doa juga selanjutnya masyarakat menyantap sajian tumpeng tersebut dengan bersama-sama.

sugeng dan serta ketua badan perwakilan desa ringin putih itu mengatakan kegiatan serupa dalam 2012 ditandai melalui penanaman pohon beringin pada tempat itu.

prosesi sedekah ringin kembar dan ditandai dengan perarakan 100 tumpeng tersebut akan berlangsung di 2 juni 2013.

ia mengatakan prosesi tersebut dan melibatkan ratusan penduduk dan tergabung pada berbagai grup kesenian tradisional. mereka mau mencari pakaian tarian tradisional masing-masing, seperti kuda lumping, topeng ireng, uyon-uyon, kubro siswo, sholawatan jawa, rebana, ketoprak, juga buto grasak.

sejumlah pihak akan mengambil air dari kompleks taman wisata candi borobudur supaya dibawa ke desa kami supaya menyiram pohon beringin dan kami tanam tahun 2012. ini simbol pemeliharaan terhadap upaya penghijauan yang sudah kami lakukan, papar sugeng dan juga ketua jenis organisasi warung info jagat cleguk, Satu komunitas borobudur supaya upaya konservasi kawasan candi borobudur.