Media berperan dalam keberhasilan pemilu

media massa berperan bermanfaat membuat nilai juga keberhasilan pemilihan umum (pemilu), baik presiden maupun kepala daerah, papar wakil ketua badan pengawas pemilu (bawaslu) indonesia, nasrulah

sebagai pilar ke empat demokrasi, media massa memegang peranan penting supaya menetukan keberhasilan juga nilai pemilu pada tanah air maupun pada masing-masing daerah, katanya saat menjalankan latihan pengawasn pemilu kepada media massa juga organisasi massa dalam ambon, sabtu.

dia mengakui, peran media tak dapat dikesampingkan sebab manakala pemberitaan mengenai suatu masalah negatif, dengan demikian ingin berdampak membangun sentimen negatif dalam masyarakat.

sehebat apa pun penyelenggara berusaha supaya menghasilkan pemilu berkualitas, ternyata tak didukung pemberitaan media yang positif, maka ingin berdampak negatif dalam penduduk, ujarnya.

Informasi Lainnya:

dia pun menilai, pemilu selama indonesia baru mengecewakan dari dan dicari di menjalankan demokrasi itu.

begitu pun pemilihan publik kepala daerah (pemilukada) pada indonesia, dinilainya, selalu mengecewakan, diantara lain dananya selalu pada atas rp1 miliar, malahan banyak beberapa provinsi dan biayanya mampu mencapai rp1 triliun.

oleh sebab tersebut, nasrulah menungkapkan, bawaslu mempunyai kepentingan besar menyertakan partisipasi media selama pemilu 2014 maupun pemilukada di seluruh daerah, dengan pemberitaan-pemberitaan dan berimbang juga berdampak positif agar menggalang partisipasi penduduk selama menyukseskannya.

kami sangat berkepentingan supaya membangun sinergitas serta keterlibatan media massa, serta organisasi penduduk supaya menyukseskan penyelenggaraan pemilu 2014, maupun pemilukada pada tiap-tiap daerah, supaya berlangsung secara jujur, adil dan bermartabat terlebih meningkatkan partisipasi masyarakat mensukseskannya, katanya.

dia mencontohkan, partisipasi penduduk menyalurkan pendapat politiknya dalam pemilukada jawa barat hanya 60 persen juga pada sumatera utara 50 persen, karena kecenderungan warga dan tak mempercayai netralitas para penyelenggara.

berkaitan dengan penyelenggaraan pemilukada gubernur dan wakil gubernur maluku dan hendak berlangsung juni 2013, menurut nasrulah, pihaknya mau mengakibatkan bawaslu selama daerah ini untuk mengembangkan sinergitas serta kerja sama melalui semua media.

hal ini, dikemukakannya, untuk pemilukada maluku berjalan lancar, khususnya menjamin tingginya partisipasi warga untuk menyalurkan pendapat politiknya.

karakteristik maluku yang terdiri dari ribuan pulau dan dipisahkan lautan luas dan keterbatasan transportasi, pasti mempunyai kesulitan amat besar, terutama untuk mengerjakan pengawasan, katanya.

ia menimpali, karena tersebut, media bisa dijadikan mata serta telinga bawaslu untuk mengukur kesuksesan maupun menginventarisasi seluruh pelanggaran yang terjadi dalam lapangan.

nasrulah harapkan, media massa selama maluku mampu memainkan peran pendidikan politik yang berkualitas pada tengah-tengah masyarakat, sekaligus meningkatkan partisipasi masyarakat selama pilkada juni 2013.