Kemenkes teliti wabah leptospirosis di Sampang

kementerian kesehatan (kemenkes) meneliti wabah penyakit leptospirosis, yaitu bidang penyakit dan disebabkan dengan kencing tikus di sampang, jawa timur, yang terjadi dalam sebulan terakhir ini.

menurut kepala dinas kesehatan (dinkes) sampang, firman pria abadi, jumat, penelitian dilaksanakan dalam sederat tujuan pada kota sampang, terutama yang banyak masyarakat terserang bidang penyakit itu.

nantinya mau diselenggarakan uji laboratorium, melalui lokasi untuk bidang penyakit ini bisa langsung ditanggulangi, tutur firman mengajarkan.

kedatangan rombongan kemenkes ke sampang ini, sebab jenis penyakit tersebut tergolong ganas, bahkan sampai ketika ini sudah banyak enam dan telah meninggal dunia. sebanyak 46 pihak pada yang lain baru dirawat pada rumah sakit.

Informasi Lainnya:

menurut firman laki-laki abadi, hingga saat ini pihaknya selalu melakukan pemantauan ke sederat lokasi banjir dalam sampang dengan menerjunkan semua tim media, selama masing-masing puskesmas dalam kabupaten sampang.

leptospirosis merupakan penyakit akibat bakteri leptospira sp yang bisa ditularkan daripada hewan ke manusia atau sebaliknya (zoonosis).

jenis penyakit ini disukai juga dengan nama penyakit weil, demam icterohemorrhage, penyakit swineherd`s, demam pesawah (ricefield fever), demam pemotong tebu (cane-cutter fever), demam lumpur, jaundis berdarah, penyakit stuttgart, serta demam canicola.

leptospirosis merupakan penyakit yang mampu ditularkan dengan air (water borne disease). urine (air kencing) dari individu yang terserang penyakit ini merupakan sumber utama penularan, menarik di manusia maupun di hewan.

kemampuan leptospira untuk bergerak dengan cepat di air menjadi salah Salah satu faktor penentu utama bisa menginfeksi induk semang (host) yang masih. hujan deras hendak membantu penyebaran penyakit ini, terutama pada daerah banjir.

di indonesia sendiri, katanya, penularan paling sering terjadi dengan tikus selama kondisi banjir.

sebab, keadaan banjir menyebabkan keberadaan berubahnya lingkungan semisal banyaknya genangan air, lingkungan merupakan becek, berlumpur, serta ada timbunan sampah dan mengakibatkan mudahnya bakteri leptospira tambah besar biak.