Fadli Zon: Inggris harus bijak

wakil ketua umum dpp partai gerindra fadli zon menyatakan indonesia harus tegas bersikap menolak dibukanya kantor perwakilan organisasi papua merdeka (opm) selama oxford, inggris, sebab akan menciderai hubungan indonesia melalui inggris.

pembukaan kantor opm ini bertujuan mengikuti tuntutan kampanye papua merdeka, ujar fadli zon di jakarta, sabtu, di keterangan tertulisnya menanggapi dibukanya kantor perwakilan opm pada oxford.

menurut dia, sikap pemerintah oxford pada inggris ini gamblang mencederai hubungan inggris dan pada ini terjalin bagus melalui indonesia. separatisme adalah soal kedaulatan negara. sikap ikut campur inggris dalam hal ini mesti ditolak melalui tegas, ujar dia.

ia menegaskan inggris harusnya bijak. mereka serta punya riwayat separatisme panjang melalui irlandia utara dan skotlandia. begitupun terlibat pada konflik mempertahankan malvinas dengan argentina. indonesia tidak pernah ikut campur soal inggris, ujarnya.

Informasi Lainnya:

fadli dan mengingatkan, di masa lalu, inggris memiliki jejak kolonialisme yang lama. sebuah pendidikan menunjukkan 90 persen negara dalam dunia sudah dijajah inggris. demikian pula keterlibatan dalam invasi irak 10 tahun kemarin. jejak berdarah ini harusnya jadi cermin mengurus diri sendiri, bukan malah intervensi urusan negara lain, kata dia.

menurut dia, sikap pemerintah indonesia mesti tegas tolak campur tangan terhadap wilayah ri. kehormatan juga kedaulatan ri harus ditegakkan.

padahal, ia menyatakan, inggris melalui british petroleum sudah memperoleh konsesi ladang gas tangguh dalam papua juga sederat konsesi tambang lain.

walau presiden sby menerima gelar grand cross of bath dari kerajaan inggris, bukan berarti harus lembek. ada saat dimana kita berkompromi, ada ketika harus tegas, tutur dia.

ia menyampaikan pemerintah inggris memang masih mengakui nkri atas papua. namun pembukaan kantor opm dalam oxford, adalah sikap dualisme dan harus ditentang. pemerintah tidak mungkin permisif juga defensif. mesti ada diplomasi ofensif agar kepentingan nasional bisa diamankan.